Monday, April 28, 2014

HID Heallights

Pernah liat ngga sih klo kita lagi di jalan trus nemuin mobil yang lampunya terang banget trus keliatan putih kebiruan? Itulah yang disebut lampu HID.

Apa sih lampu HID itu?
HID adalah kepanjangan dari High Intensity Discharge. Ini adalah lampu jenis baru yang mulai dipakai di mobil-mobil mewah era tahun 90 an. Lampu halogen biasa yang terdapat di mobil-mobil kebanyakan, menggunakan filamen seperti yang terdapat pada lampu ciptaan Thomas Alfa Edison yang telah dipakai di rumah kita selama beberapa dekade memberikan efek putih kekuningan. Sedangkan lampu HID kerjanya seperti lampu neon rumahan dengan loncatan elektrik yang melewati gas (biasanya xenon) dan menciptakan cahanya yang terang putih kebiruan.


Trus keuntungan pake Lampu HID apa?
Keuntungannya yaitu sinarnya yang putih kebiruan menciptakan pencahayaan yang hampir natural seperti di siang hari bila dibandingkan dengan lampu halogen, hal ini dapat membantu pengelihatan kita (visibilitas) pada malam hari dan tentunya kelihatan keren kan.

Nah kalau ada keuntungannya pasti ada kerugiannya dong?
Yup, kerugiannya kalo kita pakai lampu HID yaitu karena sinarnya yang terang benderang dapat menyilaukan pengendara lain yang berlawanan dengan kendaraan kita yang kadang cukup mengganggu.
Yang paling ga enak lagi kalo kita berkedara saat keadaan berkabut, gerimis atau bahkan hujan. Sifat sinar putih kebiruan banyak dipantulkan oleh butiran-butiran air yang melayang (kabut) dan jatuh (gerimis/hujan). Jadi kalo kita menggunakan lampu HID maka sinar dari lampu tersebut banyak yang terpantulkan kembali ke kita selaku pengendara, sehingga pengelihatan kita ke jalan jadi banyak berkurang atau bahkan tidak terlihat karena pantulan tersebut.
Selain itu lampu HID sifatnya menyebar, tidak terfokus seperti lampu halogen pada umumnya, oleh karena itu bila mobil kita sebelumnya menggunakan halogen kemudian diganti dengan HID mungkin perlu sedikit waktu untuk membiasakan diri.
Dan yang terakhir lampu HID itu mahal. Semurah-murahnya lampu HID itu masih terhitung mahal bila dibandingkan dengan lampu halogen biasa terutama bila terjadi kerusakan. Karena apabila rusak mesti mengganti satu pasang, kecuali kalo pihak penjual ada yang menjual satuan.

Nah saat ini di pasaran banyak sekali lampu HID aftermarket yang dijual dan harganya bervariasi. Akan tetapi tetap saja lampu HID yang paling berkualitas kalo kita membeli mobil baru yang memang standartnya sudah menggunakan lampu HID yang terintegrasi dengan sistem eletrikal mobil tersebut seperti di mobil-mobil mewah. Nah semuanya tergantung anda.  

No comments:

Post a Comment